Golongan Pengguna Android

Satu setengah tahun belakangan ini, sedang booming smartphone berbasis Android. Sebagai sistem operasi open source, Android menarik minat banyak orang, terutama orang-orang yang gemar oprek-oprek.
Menurut saya, pengguna Android bisa digolongkan menjadi 3:

  1. User
  2. Super User
  3. Developer
USER
Sebagai pengguna smartphone Android, USER hanya sebatas menggunakan handset nya untuk keperluan standard: voice call (call via provider atau via internet), messaging (sms, mms, email, YM, Gtalk, whatsapp), entertaintment (game, music, camera), sosical network (facebook, twitter), office. Kemungkinan terbesar, USER hanya sampai melakukan modding theme pada androidnya.
USER memperlakukan Si Robot Hijau layaknya smartphone "biasa" saja. Padahal, kalau boleh saya katakan, Android is beyond smartest smartphone... hehehe

SUPER USER (SU)
Pada tahapan ini, SU sudah lebih mendalami system Android. SU mulai mengoprek-oprek Si Robot Hijau Open Source. Mulai dari browsing ke dalam system Android, sampai modding system, tapi masih based on Android.
Pertama kali yang harus dilakukan untuk masuk kategori SU adalah rooting. Root sama dengan istilah administrator kalau di windows. Dengan rooting ini, si SU bisa mendapatkan previlege root pada ponsel Androidnya. Dengan root, SU bisa membuka folder root dan mem-browsing system android (fyi USER hanya bisa membrowsing SD card saja).
Hal-hal yang biasanya dilakukan oleh SU:
  • rooting
  • upgrade unofficial firmware
  • oprek system: manipulasi memory, partisi, tweak system, dll.
Pada intinya, SU sudah cinta mati sama androidnya, dan berusaha membuat handset androidnya menjadi lebih baik atau sesuai dengan keinginannya.

DEVELOPER
Pada tingkatan tertinggi pengguna Android adalah Developer. Menurut pengamatan saya, developer ada 2 macam, yaitu official yang mempunyai garansi dan bekerja sama dengan google, dan unofficial. Biasanya developer unofficial adalah perorangan atau komunitas, dan biasanya tidak bertanggung jawab terhadap device SU yang menggunakan software/firmware nya.

Salah satu komunitas Android terbesar yang saya ketahui adalahhttp://forum.xda-developers.com/. Ada juga komunitas android indonesia di http://www.android-indonesia.com/.